Senin, 02 Juli 2012

V for Violet - Kathryn Reiss

http://www.bukukita.com/babacms/displaybuku/1493.jpg

Judul : V for Violet
Pengarang : Kathryn Reiss
Penerbit : Kaifa for Teens
ISBN : 2000019001300
Rating : 5 dari 5 bintang

Sinopsis :
Ketakutan Violet akan gempa bumi yang mengguncang San Fransisco Bay Area membuatnya sulit menghilangkan cap bayi pada dirinya. Tapi segalanya berubah ketika keluarganya merenovasi sebuah gedung tua. Ketika sedang membantu saudari-saudarinya membersihkan tempat itu, sebuah gempa bumi menyingkapkan sebuah surat yang dialamatkan kepada Baby V dari tahun 1906dan Violet yakin pesan dalam surat itu ditujukan buatnya. Sesudah itu, lebih banyak lagi surat-surat misterius dari masa lalu yang jatuh ke tangannya setiap terjadi gempa bumi. Para gadis itu berusaha menguak misteri di balik pesan-pesan supranatural itu, tapi seiring dengan semakin seringnya gempa mengguncang kehidupan mereka, mereka menyadari kalau mereka mungkin tidak punya banyak waktu 

Membuat review novel ini cukup memakan waktu bagi saya. Karena saya terakhir membacanya saat masih duduk di bangku SMP kelas 8, sekitar lima tahun yang lalu. Sehingga saya harus mengulang membacanya lagi agar bisa mendapatkan feel dari kisah Violet yang menegangkan ini. Waktu lima tahun tidak membuat saya lantas melupakan betapa keren dan amazingnya novel yang satu ini. Saya harus katakan bahwa Kathryn Reiss adalah seorang penulis yang ajaib walau baru judul ini saja yang sudah baca. Saya rasa cukup pujiannya, saya akan lanjutkan dengan reviewnya.
Violet Jackstone adalah salah satu dari putri kembar tiga keluarga Jackstone. Ia memiliki dua saudari kembar, Jasmine dan Rose. Namun sayangnya fisik Violet yang mirip ayahnya sangat jauh berbeda dengan fisik kedua saudarinya yang identik sama dan mirip dengan ibu mereka. Kondisi fisik Vi juga sangat lemah dan hal itu membuat kedua orangtuanya menjadi overprotektif kepadanya. Semua perbedaan ini membuat Vi menjadi tersisih dari segala hal kembar dan membuat orang-orang tidak pernah menyangka kalau Vi termasuk bagian dari kembar tiga Jazzy dan Rosy. Kedua saudarinya pun terkadang bersikap menyebalkan kepada Vi dengan tidak melibatkan Vi dalam kegiatan kembar mereka. Vi yang juga ingin dianggap sama dengan mereka lalu mulai mengikuti gaya kedua saudarinya. Ia bahkan nekat menyemir rambutnya menjadi berwarna pirang agar sama dengan mereka. Namun sayangnya usaha itu gagal dan rambut cokelatnya malah berubah menjadi ungu.
Suatu hari Vi menemukan sebuah surat tua saat ia sedang membersihkan rumah lama yang akan digunakan untuk toko bunga baru milik keluarganya. Surat yang ditujukan untuk Baby V itu menarik perhatiannya karena nama panggilannya di rumah adalah Baby. Ia awalnya mengira surat itu adalah surat iseng dari kedua saudaranya, namun semakin lama ia semakin sering menemukan surat dan catatan harian yang ditujukan atau berisi tentang kehidupan Baby V yang memiliki dua saudara kembar dan memiliki jantung lemah, layaknya Vi. Semua kejadian yang terjadi di surat dan catatan harian itu ajaibnya selalu terjadi sungguhan di kehidupan Vi. Apalagi Vi mulai sering memimpikan Baby V dalam suratnya. Semua itu awalnya seru sampai surat itu berisi tentang kematian Baby V dan berisi tentang gempa bear yang meluluhlantakkan San Fransisco di tahun 1906. Mungkinkah semua ini ada hubungannya dengan Violet? Dan mungkinkah akan ada gempa besar seperti tahun 1906? Semua rahasianya akan terungkap secara pelan-pelan dan misterius dalam novel ini.
Kenapa saya memberi 5 bintang untuk novel ini? Karena saya sangat menikmati saat-saat membaca novel ini. Rasanya setelah membaca satu lembar maka tidak akan bisa berhenti membacanya. Unsur misterinya sangat terasa dan alurnya tidak mudah ditebak. Selain itu unsur keluarganya pun sangat terasa. Saya dapat merasakan bagaimana sedihnya Violet yang dikucilkan oleh saudaranya namun saya juga paham mengapa kedua saudara kembar Violet tidak ingin Violet memasuki zona ekslusif mereka. Worth to read!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar